Taruna SMK N 7 Palu ikuti latihan keselamatan

 

Sebanyak 30 Taruna dan Taruni SMK Negeri 7 Palu resmi dilepas untuk mengikuti program Sertifikasi Kompetensi pelatihan dasar keselamatan (Basic Safety Training /BST) di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, mulai 6 hingga 17 Agustus 2018. Mereka dilepas oleh pimpinan Anak Harapan Bangsa (AHB) Alimudin Paada di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng, Jumat. mewakili Ketua AHB Zalzulmida Aladin Djanggola.

Alimudin Paada berharap para peserta mengikuti program tersebut dengan semaksimal mungkin. "Mengikuti program sertifikasi keahlian sangat perlu dalam mengarungi dunia kerja sebab melalui program itu kompetensi yang dimiliki akan meningkat sehingga dapat bersaing di dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah," ujar Paada.

Menurutnya program sertifikasi keahlian semacam itu sangat mendesak untuk dilakukan di tengah makin ketatnya persaingan di dunia kerja. Zalzulmida tidak ingin lulusan SMKN 7 Palu dan SMK lainnya di Sulteng tidak mampu bersaing sehingga menganggur setelah lulus. Ini dilakukan untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) SMK di bursa -kerja nasional maupun internasional sehingga lulusan SMK tidak akan menjadi penganggur," kata Paada. Program Sertifikasi Kompetensi BST kata Paada, merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan antara DKP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan AHB Sulteng beberapa waktu lalu. Program Sertifikasi Kompetensi BST merupakan implementasi dari peluncuran program-program pendukung gerakan kembali ke sekolah 1.000 anak harapan bangsa sebagaimana amanat dalam intruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Sementara itu Kepala Disdikbud Sulteng Irwan Lahace mengingatkan kepada peserta agar menjaga daya tahan tubuh selama mengikuti program tersebut. Ia tidak ingin para peserta tidak dapat maksimal menerima materi yang diberikan selama mengikuti program itu lantaran kondisi tubuh yang menurun.

"Kembalilah dengan hasil seperti yang diharapkan. Selama mengikuti program, kesehatan harus dijaga. Jangan stres dan paling penting semangat dalam bekerja dan mengiktui program itu," pesan Irwan.

© SMK NEGERI 7 PALU